Cuci tangan pakai sabun lebih baik daripada pakai Hand Sanitizer

Gambar oleh zukunftssicherer dari Pixabay


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang kembali di blog udarozi.com. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa informasi kepada kalian semua. Informasi yang akan saya sampaikan ini masih terkait dengan Penanganan dan pencegahan virus Corona di Indonesia maupun dunia.

Beberapa hari yang lalu saya memposting sebuah artikel yaitu Bagaimana cara membuat hand sanitizer Menurut standar WHO. meskipun artikel tersebut saya tulis di dalam blog ini namun kali ini saya akan membuat sebuah artikel yang sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya. 

Artikel sebelumnya yaitu cara membuat hand sanitizer Menurut standar Who adalah sebuah ilmu pengetahuan yang saya bagikan agar kita semua bisa mempelajarinya. Namun artikel ini saya akan menjelaskan tentang cuci tangan menggunakan sabun ternyata jauh lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer ditengah-tengah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kenapa Lebih Baik Cuci Tangan ?

Ya,, Sesuai dengan pertanyaan di atas Kenapa lebih baik untuk cuci tangan daripada menggunakan hand sanitizer ? Mari kita ulas jawabannya.

Ternyata setelah maraknya wabah coronavirus (Covid-19),  kebanyakan masyarakat Indonesia panik, sehingga sedikit-sedikit pakai hand sanitizer. Kita lupa bahwa menggunakan hand sanitizer maka bakteri, virus, jamur, parasit, yang telah dibunuh dengan hand sanitizer itu tetap mengendap di tangan kita. Maka jauh lebih baik jika kita mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Karena dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bakteri, virus, atau kuman lainnya akan pergi dari tangan kita karena telah disapu bersih dengan air mengalir.

Saya memang telah memposting artikel sebelumnya tentang bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri, namun membuat hand sanitizer sendiri itu bukan segampang yang kita bayangkan. Kenapa demikian ?  karena salah satu yang kita gunakan untuk membuat hand sanitizer tersebut adalah alkohol. 

Dengan penyebaran virus Corona, sekarang stok alkohol menjadi langka bahkan harganya tinggi di pasaran. Yang menjadi perhatian adalah tenaga medis atau tenaga kesehatan, jika kalian semua membeli alkohol untuk dibuatkan hand sanitizer sendiri maka stok alkohol akan menipis dan dan langka.  Lalu Bagaimana nasib tenaga kesehatan yang mereka sangat membutuhkan benda tersebut ?Jadi, jangan egois, jangan panik, lebih baik cuci tangan saja !.

Maraknya virus Corona memang membuat kita panik, tapi bukannya kita mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh tenaga medis dan pemerintah, kita malah sibuk dengan menimbun masker, menimbun alkohol, menimbun hand sanitizer, dan lain-lain. 

Sebenernya benda-benda tersebut  jauh lebih dibutuhkan tenaga kesehatan  yang berjuang melawan Corona dengan merawat orang-orang yang terinfeksi virus tersebut. Mereka lebih rentan terjangkit atau tertular, maka yang lebih membutuhkan barang-barang tersebut adalah para tenaga kesehatan atau tenaga medis.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay


Kalian bisa setiap saat cuci tangan karena kalian hanya disuruh diam #DirumahAja jangan kemana-mana, sedangkan tenaga medis mereka harus selalu standby. Bahkan mereka tak punya waktu untuk cuci tangan setiap saat sehingga mereka jauh lebih memerlukan hand sanitizer dari pada kita yang hanya berdiam diri #DirumahAja.

Oke di akhir Tulisan ini saya ingatkan, janganlah kita menjadi orang yang egois. Mari kita berfikir tenang mencari titik terang untuk kemaslahatan bersama. Akhir kata jangan panik dan jangan timbun barang-barang yang sebenarnya jauh lebih dibutuhkan oleh tenaga kesehatan daripada kita yang berdiam diri di rumah. Ayo cuci tangan dengan sabun serta air mengalir saja karenea dengan itu lebih dari cukup. semoga bermanfaat dan dapat dipahami wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Post a Comment

0 Comments