Dampak Wabah Virus Corona (Covid-19) Terhadap Keuangan Keluarga



Assalamulaikum Warahmatullahiwabarakatuh, Terimaksih kalian telah mengunjungi www.udarozi.com yang ownwrnya adalah rozi piliang ..Pada kesempatan kali ini kita akan coba mengulas bagaimana dampak pandemi corona virus (Covid-19) terhadap ekonomi keluarga.

Siapa yang akan menyangka bahwa dunia termasuk Indonesia akan dilanda wabah  virus yang dikenal dengan istilah Corona Virus. Telah banyak negara yang memiiki masalah besar dengan adanya wabah ini.  Banyak negara yang telah melaporkan bahwa perekonomian di Negara tersebut menurun. Bagaimana di Indonesia ? Indonesia juga menyatakan bahwa perekonomian menurun. Sehingga stabilitas ekonomi ditengah-tengah masyarakat sedikit terganggu.

Lalu Bagaimana dengan Keuangan Keluarga ?


Jika dilihat secara umum, mungkin ekonomi keluarga juga akan ikut tidak stabil dengan adanya wabah ini. Harga-harga dipasaran naik, barang-barang langka dan sebagainya. Sehingga sulit untuk mengatur keuangan keluarga sejak pandemi virus corona tersebut.

Ternyata dengan adanya pandemi tersebut, bagi sebagian orang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki keuangan keluarga (Ingat !!! Bagi sebagian orang).

Adanya seruan #DirumahAja atau #StayAtHome membuat sebagian orang dapat memanajemen keuangan keluarga dengan baik. pasalnya orang tersebut bisa memaksimalkan keuangan untuk kategori tabungan. Kenapa demikian ? karena dengan adanya Seruan di rumah aja atau stay at home dapat membuat orang tidak mengeluarkan banyak uang seperti yang dilakukan pada hari-hari biasanya.

Mungkin biasanya orang yang bekerja dari pagi hingga sore dan tidak bisa pulang ke rumah, mereka akan makan di luar dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada makan di rumah sendiri. sedangkan makan di rumah sendiri membutuhkan biaya yang jauh lebih kecil daripada makan di luar. Selain itu, pengeluaran untuk biaya transportasi atau mobilitas akan jauh berkurang dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

Seandainya dalam keluarga kecil ada 1 orang Ayah 1 orang ibu dan 2 orang anak, mengikuti anjuran pemerintah atau himbauan banyak orang untuk diam di rumah aja selama pandemic coronavirus ,  maka mereka akan bisa menyisihkan uangnya untuk menabung atau keperluan mendesak atau bisa juga dimasukkan dalam dana cadangan keluarga.


Sedangkan bagi beberapa orang, terjadinya wabah pandemi virus Corona membuat keuangan keluarga mereka menjadi tidak stabil. Siapakah itu ? mereka adalah orang-orang yang bekerja harian, yang mendapatkan uang untuk makan harian juga. jika mereka terus-terusan berdiam diri di rumah mengikuti anjuran dalam pencegahan virus Corona,  maka mereka akan sangat kewalahan dalam mengelola keuangannya karena tidak cukup. 

Jadi kesimpulannya adalah, keuangan keluarga bagi sebagian orang kelas menengah ke atas akan menjadikan sebuah keuntungan karena mereka bisa meminimalisir pengeluaran dan dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya. namun bagi orang yang bekerja harian atau kelas menengah ke bawah, dampak pandemi korona akan terasa sangat serius. karena mereka tidak dapat untuk bekerja jika berdiam diri di rumah sehingga tidak mendapatkan uang dan tidak bisa untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.

Demikianlah pembahasan kita tentang dampak wabah virus Corona terhadap keuangan keluarga. Setiap kejadian pasti akan memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi kita semua. untuk menyikapi hal tersebut tergantung kepada kita untuk mendahului hal-hal yang sangat prioritas. Terima kasih telah mengunjungi halaman ini,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




Post a Comment

0 Comments