Jangan Salah Arti, Ini Istilah Seputar Virus Corona (Covid-19)

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,  jumpa lagi dengan saya Rozi Piliang dalam blog ini udarozi.com.  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas istilah-istilah seputar virus Corona (Covid-19). Salah mengartikan sebuah istilah akan membuat kita gagal paham dan menilai suatu hal yang buruk terhadap istilah tersebut.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam istilah seputar virus Corona atau(Covid-19) Mari kita ulas satu persatu istilah-istilah tersebut.

Istilah-istilah seputar virus Corona (COVID-19)

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan)

ODP adalah orang yang belum diketahui Apakah ia positif atau negatif virus Corona sebab orang tersebut baru pulang dari daerah yang terjangkit korona atau baru pulang dari luar negeri. jadi jangan salah paham dengan odp odp bukanlah orang yang terkena virus Corona namun masih dalam pemantauan.

2. PDP  (Pasien Dalam Pengawasan)

Pasien dalam pengawasan adalah orang yang sudah menunjukkan gejala-gejala penyakit klinis namun belum pernah berkontak langsung dengan orang yang terjangkit virus Corona.

3. Suspect

Suspect adalah orang yang telah diduga terkena virus Corona,  karena telah menunjukkan gejala-gejala penyakit klinis seperti gejala virus Corona dan telah berkontak langsung dengan orang yang terkena virus Corona.

4. Positif

Positif adalah orang yang telah melakukan sejumlah tes kesehatan serta uji laboratorium dan dinyatakan terjangkit virus Corona.

5. Lockdown

Lockdown adalah mengunci akses masuk dari suatu daerah  negara atau wilayah lain baik masuk maupun keluar. Hal ini dilakukan guna meminimalisir penyebaran dan penularan virus Corona.

6. Social Distancing

Social distance adalah menghindari segala bentuk kerumunan, keramaian,  serta menjaga jarak dengan orang-orang yang agar tidak berkontak langsung.  langkah ini diharapkan untuk mengurangi penularan virus Corona.

7. Isolasi

Isolasi adalah pengasingan atau pemisahan untuk yang sakit.  mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi Perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit dari orang yang sakit)

8. karantina

Karantina adalah untuk yang sehat. mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi Perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat).

9. Work From Home

Work From Home adalah tindakan bekerja dari rumah,  Jika pekerjaan tidak bersentuhan langsung dengan banyak orang maka lebih baik pekerjaan tersebut dilakukan dari rumah.

10. Imported Case

Imported Case adalah seseorang terjangkit saat berada diluar wilayah dimana pasien melapor.

11. Local Transmission

Local Transmission adalah pasien tertular di wilayah dimana kasus tersebut ditemukan.

12. Epidemic

Epidemic adalah penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. penyebarannya terjadi di suatu wilayah.

13. Pandemic

Pandemik adalah istilah yang menyebutkan bahwa penyebaran telah terjadi secara global atau dunia internasional

Demikianlah istilah-istilah seputar virus Corona (Covid-19),  mohon dipahami agar tidak salah paham.  Semoga bermanfaat.